Dr. H. Rosidi Rido, MA, M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Cirebon, sejak 7 Juli 2021
(1) Pastikan Lembaga terdaftar pada Emis, cek nomor statistik pada menu yang tersedia, (2) FK PAUDQu, telah dibentuk sejak Senin 15/11/21

Selasa, 02 November 2021

Visitasi ke Pesantren Al Yaqut dan Bustanul Arifien

PP Al Yaqut
Berlokasi di kaki Gunung Ciremai, perbatasan Cirebon Selatan dengan Kabupaten Kuningan, kawasan perkebunan, bertetangga dengan kecamatan Sedong, Beber, Waled Kabupaten Cirebon. Ustadz Dede Jajuli Pimpinan Pondok Pesantren Al Yaqut Kecamatan Greged beserta para ustadz bersama-sama mengembangkan syiar islam, melalui pendidikan salafiyah yang diajarkan kepada para santri yang terdiri dari berbagai daerah, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 31 Tahun 2020 tentang pendidikan pesantren yang terdiri atas pengajian kitab kuning, dirosah islamiyah dengan pendidikan mualimin.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2020 tentang pendirian dan penyelengaraan pesantren melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Kepdirjenpendis) Nomor 511 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pendaftaran keberadaan pesantren, teknisnya adalah Pondok Pesantren sudah harus melakukan jalur online dalam mengajukan Izin Operasional melalui Aplikasi Sitren (sistem informasi keberadaan pesantren) untuk mendapatkan Nomor Statistik Pesantren (NSP) sebagai bukti pesantren telah resmi terdaftar di Kementerian Agama Rebuplik Indonesia.

Dr. H. Rosidi Rido, MA.M.Pd, kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui H. Mualim, M.Ag kepala seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren bersama H. Samsudin, S.Ag. M.Pd.I JFU pengelola pesantren melakukan tinjauan ke lokasi Pondok Pesantren Al Yaqut, dalam rangka verifikasi dan validasi data ajuan melalui aplikasi sitren, Kamis (7/10/21).

Admin Sitren Kabupaten, Deden Nurdianto melakukan verifikasi data melalui aplikasi sitren, memeriksa berkas dan meneliti berkas yang diunggah oleh operator Pondok Pesantren. Setelah dinyatakan sesuai, berkoordinasi dengan kasi PD Pontren untuk ditinjaklanjuti, menentukan penjadwalan visitasi ke lokasi. Visitasi biasanya dilakukan pada jam kerja, atau dapat juga diluar jam kerja jika kondisi sangat memungkinkan.

Hasil visitasi dan validasi faktual, akan diungguh ke aplikasi sitren oleh admin Kabupaten, disertai dokumen verifikasi dan dokumentasi, hingga dibuatkan surat rekomedasi untuk ditujukan kepada Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat melalui admin sitren tingkat propinsi.

Terpisah, beberapa hari sebelumnya, kepala seksi PD Pontren melakukan visitasi ke Pondok Pesantren Bustanul Arifien Jagapura Kecamatan Gegesik Cirebon, Pimpinan Ustadz Burhan, Senin (4/10/21).

Berbeda dengan pesantren Al Yaqut yang berlokasi di kawasan perkebunan, pesantren Bustanul Arifien berlokasi di kawasan persawahan dan pemukiman penduduk, arah utara menuju Jakarta dari Kecamatan Arjawinangun. Menggunakan metode pendidikan salafiyah yang mengusung kitab kuning sebagai acuan para santri.

Baca juga : Visitasi Pesantren Baitussakhi Asanajapura

Launching Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Al Quran (PAUDQu)

Launching Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Al Quran (PAUDQu)
kiri ke kanan : Subdit MDT, Subdit LPQ, Direktur PD Pontren, Kepala Kantor Cirebon, Kabid PD Pontren Kanwil, Kasi PD Pontren Cirebon