Dr. H. Rosidi Rido, MA, M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Cirebon, sejak 7 Juli 2021
(1) Pastikan Lembaga terdaftar pada Emis, cek nomor statistik pada menu yang tersedia, (2) FK PAUDQu, telah dibentuk sejak Senin 15/11/21

Selasa, 02 November 2021

Visitasi ke Ponpes Baitussakhi Astanajapura

kasi PD Pontren dan Pengasuh PP

Berlokasi di Kecamatan Astanajapura Desa Sidamulya Pondok Pesantren Baitussakhi, Dr. H. Rosidi Rido, MA.M.Pd Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui H. Mualim, M.Ag Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) beserta H. Samsudin, S.Ag. M.Pd pengelola bidang Pondok Pesantren melakukan kunjungan verifikasi dan validasi data pesantren yang mengajukan Izin Operasional secara online, Kamis (7/10/21).

Pengasuh Pondok Pesantren Baitussakhi KH. A. Muchyiddin ZA beserta jajaran ustadz dan pengurus menyambut petugas verifikasi dan tinjauan lokasi diiringi para santri. Izin Operasional atau yang sejak awal 2021 berganti istilah menjadi daftar keberadaan pesantren yang dilakukan oleh lembaga yang bersangkutan melalui operator lembaga menggunakan aplikasi daring yang disebut Sitren (sistem informasi keberadaan pesantren). Dalam aplikasi tersebut, operator lembaga melakukan pendaftaran menggunakan email aktif yang dimiliki, hal ini berguna untuk memantau informasi proses.

Admin pusat melalui sistem aplikasi akan mengirim pesan kepada pemilik email pada setiap proses yang ditindaklanjuti. Operator lembaga akan mengetahui sejauhmana proses telah dilalui. Kasi PD Pontren sangat mengapresiasi kinerja stafnya dalam menindaklanjuti setiap proses yang diajukan lembaga. Deden Nurdianto, Admin Sitren kabupaten bekerja dibalik layar menindaklanjuti hasil verifikasi yang dilakukan Kasi PD Pontren dengan cara membuat surat rekomendasi untuk diteruskan ke tingkat propinsi melalui admin sitren propinsi, disertai dokumen hasil visitasi diunggah pada aplikasi sitren, dokumentasi visitasi selama di lokasi lembaga pun diunggah ke dalam aplikasi sebagai penunjang. Admin sitren Kabupaten memeriksa berkas yang diunggah lembaga secara teliti, seringkali terjadi kesalahan unggah dokumen, dalam kolom aplikasi diminta unggah surat keterangan domisili namun yang diunggah adalah dokumen akta wakaf. Dengan sigap, admin sitren Kabupaten memberikan penolak disertai alasan perbaikan unggah dokumen. Admin sitren propinsi menindaklanjuti hasil visitasi dan verifikasi data dari kabupaten, jika dinyatakan sesuai maka akan dibuatkan surat rekomendasi bagi Pondok Pesantren tersebut untuk diajukan ke tingkat pusat. Dari pusat akan melakukan verifikasi, yang nantinya akan diterbitkan Nomor Statistik Pesantren (NSP) melalui piagam NSP dan penerbitan SK Izin Operasional, ditandatangai secara elektronik menggunakan QR Code yang telah terinegrasi dengan BSrE ( Balai Sertifikat Elektronik). Proses dinyatakan selesai, setelah admin sitren pusat mengunggah (upload) dokumen piagam NSP dan SK ke masing-masing akun lembaga. Yang nantinya, Pondok Pesantren dapat mengunduh (download) dan mencetak sendiri. Admin sitren Kabupaten akan melaporkan setiap proses dan perkembangan terbaru kepada kasi PD Pontren.

Launching Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Al Quran (PAUDQu)

Launching Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Al Quran (PAUDQu)
kiri ke kanan : Subdit MDT, Subdit LPQ, Direktur PD Pontren, Kepala Kantor Cirebon, Kabid PD Pontren Kanwil, Kasi PD Pontren Cirebon