PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera melaporkan bukti pencairan ke Seksi PD Pontren. selanjutnya membuat LPJ penggunaan Daring

Tuesday, 1 September 2020

pemutakhiran data lembaga atau update data emis online

pemutakhiran data lembaga atau update data emis online

Termasuk juga cara mengajukan ijin operasional lembaga khususnya pondok pesantren secara online, cara membuat akun emis bagi lembaga agar dapat melakukan update data melalui aplikasi online, kewajiban melakukan updating data atau membuat akun emis online adalah oleh operator lembaga (bukan oleh operator kabupaten)

Sekilas lalu, tentang pemutakhiran data lembaga atau update data emis online :

1.       Sejak awal 2017, kewajiban mengupdate data Lembaga adalah oleh lembaga yang bersangkutan

2.       Setiap lembaga wajib memiliki akun emis Lembaga untuk login ke aplikasi emis online

3.       sejak 2017 – 2019, Cara membuat akun emis online adalah oleh lembaga yang bersangkutan melalui aplikasi online.

www.emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/ (edisi 2016 - 2018) udah non aktif

www.emispendis.kemenag.go.id/e-monitor/ (edisi 2019)

4.       sejak Maret 2020 pembuatan akun emis online berubah link, menjadi :

www.emispendis.kemenag.go.id/registrasi/

lihat gambar :

5.       Setelah lembaga memiliki akun emis online

6.       Langsung login, agar dapat mengupdate data Lembaga, melalui link :

www.emispendis.kemenag.go.id/emis_pesantren

lihat gambar













7.       Operator kabupaten hanya membantu secara teknis untuk melakukan update data

8.       Kewajiban untuk lakukan update data adalah oleh operator lembaga (Pesantren, DTA, TPQ, TKQ, MT, TQA, PDF, SPM), bukan tugas utama dari operator kabupaten.

baca juga : keluhan dan kendala lembaga tentang pemutakhiran data dan update Emis Online

Beberapa pertanyaan umum seputar emis online lembaga 

1.       Kenapa data Lembaga kami tidak di update di emis online?

Jawab :

a.       Kewajiban update data adalah oleh operator lembaga

b.      Lembaga kurang mengikuti perkembangan informasi terkini, padahal ketik saja dari google, tentang pesantren cirebon atau lainnya, maka akan muncul banyak informasi terkait pesantren, termasuk cara update data, pemutakhiran data, pembuatan akun emis online, ijin operasional

c.       Ada juga lembaga yang menanggap bahwa update data itu tidak penting

d.      Ada anggapan, bahwa kewajiban update data emis adalah berjalan otomatis

e.      Adanya anggapan bahwa kewajiban update data emis adalah oleh operator kabupaten

f.        Lembaga tidak mendaftarkan diri untuk memiliki akun emis online, melalui link :

www.emispendis.kemenag.go.id/registrasi

lihat gambar

 











2.       Kenapa data Lembaga kami tidak terdaftar di emis online ?

a.       Karena tidak mendaftarkan diri secara online tentang ijin operasional pesantren, melalui link www.ditpdpontren.kemenag.go.id/ijoppesantren

catatan : pastikan menggunakan email atas nama lembaga, contoh : ppkeboncinta@gmail.com, ppkebonkepala@gmail.com, ppkebonpring@gmail.com, dst.

jika belum memiliki email, segera bikin email terlebih dahulu, sangat tidak dianjurkan menggunakan email pribadi.

lebih detil cara pengajuan ijin operasional klik ini : ijin operasional

Lihat gambar

selanjutnya, menggunakan email tersebut, langsung login di bawah ini










b.      Lembaga kebanyakan tidak mau ribet, ingin yang serba praktis, tidak perlu yang bertele-tele,

c.       Banyak yang menganggap pembuatan ijin operasional itu menggunakan cara sulap, sekali ngomong maka langsung terwujud dokumen ijin operasional tersebut

d.      Kurangnya kesadaran tentang pentingnya dokumen dan administrasi

e.      Banyak lembaga tidak memiliki kelengkapan dokumen seperti, SK Kemenkumha, Akta notaris Yayasan, surat keterangan domisili, NPWP atas nama lembaga, dan lain sebangsanya.

f.        Banyak lembaga menganggap tidak pentingnya data online

 

3.       Bagaimana cara update data di emis online ?

1.       lembaga tersebut mendaftarkan diri oleh operator lembaga :

www.ditpdpontren.kemenag.go.id/ijoppesantren

 

4.       Bagiamana cara membuat akun emis online untuk lembaga kami ?

a.       Jika lembaga sudah terdatftar di data online, maka Cara membuat akun emis online :

www.emispendis.kemenag.go.id/registrasi

b.      ikuti petunjuk dan kolom isian yang tertera di form tersebut

c.       ini dilakukan oleh operator lembaga (bukan oleh operator kabupaten)

d.      operator kabupaten hanya sebata membantu jika mengalami kesulitan

No comments:

Post a comment

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email