PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera melaporkan bukti pencairan ke Seksi PD Pontren. selanjutnya membuat LPJ penggunaan Daring

Wednesday, 9 September 2020

Lembaga saya sudah terdaftar di emis online, kenapa tidak juga dapat bantuan?

Lanjut pada pertanyaan lain yang sering muncul seperti Lembaga saya sudah terdaftar di emis online, kenapa tidak juga dapat bantuan?, kali ini agak menggelitik juga.
Dijawab : tahunya lembaga anda sudah terdaftar di emis online darimana?
 
Kan saya sudah tanya juga ke operator kabupaten?
Jawab : anda kenal dengan operator emis kabupaten?
 
Belum sih?
Jawab : ya kenalan dong
 
Emang gimana caranya?
Jawab : ya itu tugas anda sebagai seorang lelaki
 
Loh apa kaitannya?
Jawab : ya anda kan lelaki
 
Kalau dia lelaki juga gimana?
Jawab : ya minta nomor hp nya, kali aja jodoh
 
Masa lelaki dengan lelaki, gimana sih?
Jawab : salahnya dimana
 
Masa mau nikah sesama lelaki
Jawab : yang nyuruh anda nikah itu siapa?
 
Ending... mulai ngelantur.
 
Kesimpulannya, terkadang informasi menggunakan teori katanya, padahal ditanya “tahunya lembaga anda sudah terdaftar di emis online darimana?”, bisa dijawab “kan sudah punya akun emis online”. Simpel jawabnya, namun terkadang lebih memilih jalur berlika liku karena memang aslinya belum terdaftar ke emis online. Mungkin hanya terdata pada emis online.
 
Bedanya terdaftar di emis online dengan terdata di emis online adalah
Terdaftar, berarti lembaga tersebut punya akun emis dan rajin lakukan pemutakhiran data, yang mendaftarkan adalah oleh lembaga yang bersangkutan.
Terdata, lembaga hanya tercatat pada emis online, tidak punya akun emis sehingga mustahil melakukan update (pemutakhiran data), dan yang mendata adalah oleh Operator Kabupaten, atas inisiatif sendiri, tanpa sepengatahuan lembaga.
 
Pentingnya, lembaga melakukan penutakhiran data adalah manakala sewaktu-waktu mendapatkan bantuan, pencocokan data, kebutuhan lainnya, maka tidak perlu repot-repot panik buang-buang energi untuk menyalahkan pihak kesana kemari. Hanya cukup melakukan hal kekurangan sedikit saja.
 
Bahkan, tanpa diminta oleh lembaga untuk melakukan pendataan ke emis online, tanpa sepengetahuan lembaga, tanpa disuruh, Operator Kabupaten telah mendata lembaga untuk dapat masuk ke emis online. Sejak 2016 hingga 2018.
 
Per 2019, kewenangan Operator Kabupaten sudah mulai dibatasi, tidak lagi dapat mendata secara online terhadap lembaga-lembaga, yang artinya setiap lembaga harus mempertangungjawabkan keberadaan dan kelangsungan hidup lembaga adalah oleh dirinya sendiri, tidak lagi bergantung pada Operator Kabupaten. Secara otomatis, tidak harus super aktif melakukan mengakses informasi yang berkembang saat ini.

No comments:

Post a comment

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email