PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera membuat LPJ penggunaan Daring ke Aziz Ahlaf di Seksi Pontren

info terkini

- Ijin operasional PAUDQ RTQ telah dibuka untuk proses pengajuan usulan.
- info : WhatsApp 0817146611 (Aziz Ahlaf) khusus chat, ada balasan pesan otomatis

Rabu, 09 September 2020

Kenapa tidak ada grup whatsapp untuk emis online kabupaten?

Setelah sekian tahun nonaktif dari kegiatan grup, akhirnya ada yang muncul juga pertanyaan “Kenapa tidak ada grup whatsapp untuk emis online kabupaten?”.
Sangat mudah sih unutk menjawab pertanyaan itu, cukup dengan “sudah bubar”, dan ternyata sesuai dugaan, ketidak dijawab seperti itu bakal muncur pertanyaan lain “kok bisa bubar?”, dan lain sebangsanya.
 
Gini,
September 2017, awal tahun ajaran baru dimulai dari Juli 2017, musim pendataan emis online mulai tingkatkan lagi dan melibatkan para operator lembaga sebagai penginput data pada aplikasi online, itu kali pertama melibatkan operator lembaga untuk kaitan data online setelah sekian tahun sebelumnya hanya difokuskan oleh Operator Kabupaten.
 
Awal dibentuk grup whatsapp menggunakan jalur share link grup, bukan menggunakan Add Grup seperti pada umumnya. Alasan menggunakan share link grup adalah karena bersifat sukarela dan menjaga privasi seseorang.
Adakalanya orang tidak ingin bergabung dengan grup whatsapp dengan alasan tertentu, makanya tidak melakukan Add Grup ke nomor yang dituju
Dalam sebulan, jumlah anggota grup whatsapp berjumlah 201an, seiring waktu perkembangan situasi dengan berbagai alasan jumlah gurp mulai berkurang, dalam 3 bulan jumlah anggota grup menurun drastis menjadi 150an. Tempo, 4 bulan berkurang lagi menjadi dibawah 100an.
 
Persis bulan ke 5 sejak pembuatan gurp whatsapp, grup dinyatakan non aktif, dengan cara mengeluarkan sisa anggota grup yang ada. Meski grup tersebut masih tetap ada.
 
Anggota grup emis online terdiri dari semua lembaga pendidikan non formal meliputi : Pondok Pesantren, DTA, TPQ, TKQ, TQA, PDF, SPM, MT.
Saat itu, Jumlah lembaga terdiri dari :
Pondok Pesantren : 625
Kesetaraan : 14
DTA : 928
TPQ : 2021
TKQ : 324
TQA : 6
MT : 2
PDF : 1
SPM : 1
Total jumlah lembaga adalah 3.922 yang artiya adalah ada 3.922 jumlah operator lembaga yang mestiya bergabung dengan grup whatsapp emis online namun faktanya hanya berjumlah kisaran 200an, sisanya 4122 tidak bergabung di grup whatsapp emis online. seriring waktu jumlah anggota grup semakin menurun hingga akhirnya non aktif.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email