PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera melaporkan bukti pencairan ke Seksi PD Pontren. selanjutnya membuat LPJ penggunaan Daring

Tuesday, 1 September 2020

keluhan dan kendala lembaga tentang pemutakhiran data dan update Emis Online

 keluhan dan kendala lembaga tentang pemutakhiran data dan update Emis Online

termasuk juga, komentar atas banyaknya keluhan dan kendala lembaga tentang pemutakhiran data dan update Emis Online.

alasan lembaga tidak aktif melakukan pemutakhiran data online (update data emis online), antara lain :

a.       tidak memiliki operator khusus

b.      keterbatasan kemampuan operator atas teknologi informasi

c.       kendala fasilitas seperti laptop, hp android, kuota, sinyal, pulsa

d.      kendala kesibukan

e.      tidak tahu caranya

f.        tidak tahu informasi tentang adanya emis lembaga

g.       merasa tidak menerima informasi

h.      merasa tidak tahu ada sosialisasi

 









operator kabupaten berkomentar :

a.       tidak memiliki operator khusus

komentar : tidak perlu ada operator khusus, dapat juga dilakukan oleh pimpinan lembaga, ustadz, santri, sodara, besan, ipar, menantu, bahkan orang warnet juga boleh, dengan catatan amanah dan dapat dipercaya. Karena mencakup tentang rahasia email dan passwordnya

 b.      keterbatasan kemampuan operator atas teknoligi informasi

komentar : tidak perlu kemapuan khusus atau menguasai bidang teknologi informasi, malah lebih sulit belajar ilmu nahwu shorof, jauhar maknun, ilmu faroid daripada menjadi operator emis lembaga.

Operator lembaga yang penting mengerti apa itu kuota, bisa mengoperasikan hp android, bisa membuka laptop 

c.       kendala fasilitas seperti laptop, hp android, kuota, sinyal, pulsa

komentar : hari gini, bahkan tukang bakso pangkalan, tukang ojeg saja mampu beli laptop, meskipun nyicil, bahkan tukang cilok di depan PGC saja anaknya bisa punya laptop, apalagi sekelas lembaga, itupun seandainya lembaga beralasan tidak mampu beli laptop.

Rasanya sangat sulit masuk akal, jika ada lembaga yang tidak mampu beli hp android, laptop, kuota, sementara disisi lain mampu beli TV, motor, mobil avanza, xenia, agya, alya, rush, expander, bahkan pajero sporty terparkir di sudut rumahnya.

baca lagi : Cara Daftar Ijin Operasional Pesantren

dokumen penunjang :  Contoh Surat pernyataan setia pada Pancasila NKRI UUD 1945 Bhineka Tunggal Ika

a.       kendala kesibukan

komentar : ayam, burung, ikan, bebek, memilik jatah waktu yang sama dengan manusia yaitu 24 jam sehari, mereka memiliki kesibukan, lelah, capek, yang artinya bahwa kesibukan tidak hanya milik manusia. Bahkan hewan yang tidak punya akal saja mampu mengelola waktu dan kesibukan dengan baik. Apalagi manusia yang dikarunia keistimewaan akal dan pikiran.

b.      tidak tahu caranya

komentar : semua hal, berasal dari tidak tahu dan tidak bisa, belajar adalah cara agar menjadi tahu dan bisa. operator kabupaten bahkan telah membuat tutorial atau caranya melalui web khusus : www.cirebon.pontren.id, yang artinya dapat membaca dan mencari informasi tentang hal yang diinginkan agar menjadi bisa dan menjadi tahu.

Sekiranya masih kurang jelas, dapat silaturahmi ke Kementerian Agama Kabupaten Cirebon bagian seksi PD Pontren, atau dapat memintanya untuk datang lembaga untuk privat langsung, sesuai kesepatan waktu dan lainnya, atau bisa konsultasi via whatsapp.

saat Operator Kabupaten datang langsung ke lembaga, semuanya dilakukan bersifat pribadi, artinya tidak ada penggantian biaya apapun dari anggaran negara termasuk transportasi, kuota, pulsa, konsumsi, resiko perjalanan, dan lainnya. Hal ini agar dimaklumi bersama manakala bertemu kendala jarak, cuaca, kondisi keamanan, keterbatasan waktu, kesehatan.

c.       tidak tahu informasi tentang adanya emis lembaga

komentar : sosialisasi emis online / offline itu dilakukan sejak tahun 2010, dilakukan secara turun temurun, sarana sosialisasi melibatkan pengawas, organisasi mitra (FKDT, FKPQ, FPP, FKPPS, lainnya), menggunakan web www.cirebon.pontren.id, facebook : pontrencirebon

d.      merasa tidak menerima informasi

komentar : jika memiliki lembaga adalah suatu keseriusan dan sangat ingin maju berkembang pesat, apalagi punya misi dakwah, pengabdian kepada masyarakat dan bangsa, pengamalan ilmu, mencerdaskan kehidupan bangsa, maka seyoganya merasa suatu keharusan untuk bersikap pro aktif dalam mencari informasi.

Jika alasan jauh dan sibuk untuk datang silaturahmi ke Kementerian Agama Kabupaten Cirebon bagian seksi PD pontren, dapat pula dilakukan melalui google.

e.      merasa tidak tahu ada sosialisasi

komentar : dapat dipastikan kurang pro aktif dengan bagian seksi PD Pontren, atau dengan organisasi mitra (ormit), setiap awal dan akhir tahun pelajaran sering dilakukan pemutakhiran data menggunakan file excel, dan data pemutakhiran online. Ada juga pendataan secara berkala, sering juga melakukan kunjungan dan silaturahmi ke lembaga-lembaga

f.        konsultasi via whatsapp lama dibalas

komentar : itulah sebabnya, Operator Kabupaten membuat sistem di aplikasi whatsapp menggunakan balasan otomatis, yang isinya banyak informasi, sebagai perwakilan pemiliknya manakal telat membalas.

Hal yang harus diketahui adalah Operator Kabupaten menangani data lembaga online sebanyak 2000an lebih data TPQ DTA TKQ, 900 an data DTA, 700 an data Pesantren, dan lainnya, diantara ribuan tersebut banyak lembaga melakukan konsultasi whatsapp secara bersamaan. Terkadang, terlambat isi kuota, pulsa, jaringan lemot, kekurangan sinyal, kesibukan sinyal, lainnya.


No comments:

Post a comment

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email