PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera melaporkan bukti pencairan ke Seksi PD Pontren. selanjutnya membuat LPJ penggunaan Daring

Wednesday, 9 September 2020

Berapa biaya pembuatan ijin operasional DTA atau lainnya?

Jawabnya adalah 1 juta 500 ribu rupiah. Wow.. keren.., Cuma disayangkan itu hanya terjadi di jaman paleolitukum.

Seringkali seksi PD Pontren hanya dijadikan tameng atau dijual nama oleh oknum tertentu untuk mengurus Ijin operasional lembaga pendidikan non formal, meliputi DTA TPQ TKQ TQA MT dan Pondok Pesantren, pembuatan surat rekomendasi bantuan, atau lainnya.
Sejak sosialisasi ke lembaga-lembaga terkait pada tahun 2016, seksi PD Pontren menghimbau agar pengajuan ijin operasional untuk DTA TPQ TKQ TQA MT dan Pondok Pesantren jangan melalui orang lain dengan alasan apapun.
sebisa mungkin diurus oleh kepala sekolah bersangkutan atau oleh yayasan yang menaunginya, datang langsung ke seksi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, sekalian agar bisa saling kenal, silaturahmi, lebih meningkatkan hubungan sosial birokrasi atau personal dengan Seksi PD Pontren.
 
Sebenarnya hal calo mencalo bukanlah hal baru dalam kehidupan sosial, terkadang masih ada oknum melakukan dengan segala caranya memperdayai lembaga dengan berbagai alasan klise atau intervensi psikologi terhadap lemabag.
 
Beberapa kali wawancara dengan banyak pemilik lembaga, dilakukan secara acak, dengan yang saling kenal atuapun sama sekali tidak saling kenal tentang biaya pembuatan ijin operasional lembaga.
Didapati jawaban variatif, berkisar dari angka terkecil 50 ribu hingga anggak terbesar yaitu 1 juta 500 ribu untuk satu lembaga sejenis DTA dipungut oleh oknum tertentu.
Besarnya biaya yang dipungut oknum bervariatif, tergantun masing-masing daerah, secara umum berada pada angka 300 ribuan per satu lembaga.
 
Alasan yang biasa dipakai oleh onkum adalah untuk biasa adminsitrasi di Seksi PD Pontren, sebesar 200 ribu dan 100 ribu untuk ongkos jalan si oknum per satu lembaga, itu jika biayanya sebesar 300 ribu. Jika biaya yang diminta dari lembaga 150 ribu, maka 50 ribu untuk Seksi PD Pontren dan 100 untuk si oknum per satu lembaga.
Fakta yang terjadi adalah cukup hanya dengan biaya “terimakasih” daripada seperti tersebut diatas.
Tidak sulit untuk informasi tentang ijin operasional lembaga, bisa buka google ketik apa yang terbesit dalam pikiran, lebih tepatnya ketik saja dari google “cirebon pontren”, begitu tekan enter maka informasi yang diinginkan akan muncul berbagai pilihan informasi.
Setelah mendapatkan gambaran informasi yang diinginkan, Lebih bagusnya datang langsung ke Seksi PD Pontren.

memo : PD pontren singkatan dari Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren

No comments:

Post a comment

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email