PENTING !, bagi Pesantren yang telah mencairkan bantuan Daring pesantren, harap segera melaporkan bukti pencairan ke Seksi PD Pontren. selanjutnya membuat LPJ penggunaan Daring

Thursday, 10 September 2020

Apa bedanya bantuan BOP dengan bantuan Daring?

angin segar bagi banyak lembaga, atas bantuan BOP dari pemerintah disaat musim pandemi covid-19, meski ada saja secuil oknum memanfaatkan momen untuk mengais keuntungan dibalik bantuan.

Sejak turun SK pencairan bantuan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) per tanggal 13 Agustus 2020 untuk DTA TPQ dan Pondok Pesantren, seringkali dapat pertanyaan lewat whatsapp ataupun obrolan langsung yang intinya bertanya tentang “Apa bedanya bantuan BOP dengan bantuan Daring?”.

Jawaban cepat dengan nada candaan “sesuai singkatan BOP dan Daring saja apa?”.

Namun rupanya bukan jawaban itu yang diharapkan oleh si penanya, “itu mah saya juga tahu”. Lah, terus yang ditanyakan apanya?, todepoin aja ke inti pertanyaan apa?.

Obrolan santai saat jeda waktu istirahat dengan beberap peserta lintas daerah pada kegiatan sosialisasi tentang rancangan aturan dari turan UU pesantren nomor 18 tahun 2019, di hotel prima kota cirebon, pada Selasa – Rabu 18 – 19 Agustus 2020, membahas tentang dana bersih yang diterima oleh lembaga dari total nominal.

Sampel yang diamil adalah beberapa DTA TPQ yang mendapatkan dana BOP sebesar 10 juta, namun yang diterima tidak utuh, ada yang 40-60, 30-70. Yang terbesar untuk penerima BOP. Pengajuan usulan melalui orang ketiga atau kedua. Angka ril nya adalah lembaga hanya menerima dana bop sebesar paling kecil 5 juta lebih sedikit, terbesar 8 juta dari total 10 juta yang dicairkan. Orang ketiga atau orang kedua, tentunya di luar Seksi PD Pontren Kementerian Agama kabupaten.

Cara pemotongannya pun bervariasi, ada yang terang-terangan dengan nominal tertentu disetorkan langsung ke pihak kedua atau ketiga, ada yang melalui gathering bekerjsama dengan pihak penyedia barang, yang nantinya lembaga tersebut diarahkan untuk berbelanja keperluan alat kesehatan berkaitan dengan protokol kesehatan oleh orang ketiga sejumalah nominal tertentu, kisaran nominal minimal 3,5 juta untuk TPQ, dan 4 juta untuk DTA. Ada juga dalam bentuk kerjasama lainnya.

Bantuan daring tidak ada perjanjian apapun terkait potongan BOP sebagaimana dialami beberapa DTA TPQ, Pondok Pesantren.

kembali ke pertanyaan “Apa bedanya bantuan BOP dengan bantuan Daring?”

Adalah bantuan Daring tidak ada potongan sebagaimana terhadap bantuan beberapa lembaga penerima BOP. Usulan bantuan BOP diajukan diluar Seksi PD Pontren, Daring oleh Seksi PD Pontren kabupaten.

Banyak yang menyebut bantuan Daring adalah Bi haitsu ma la yahtasib, “Rejeki yang tidak disangka-sangka”

No comments:

Post a comment

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email