Jumat, 31 Januari 2020

Cara pengajuan izin operasional pesantren dan pemutakhiran ijop

hal yang harus dipersiapkan :

1. siapkan nyali dan mental sabar (loh gitu ya), "iya lah"

2. siapkan kopi item + udud (gimana kalo operatornya perempuan?), "ya ga usman pake udud lah"
3. siapkan komputer atau Lektop (bukan Laptop ??), "Laptop mah bahasa formal"
4. pastikan kuota numpuk (bukan hutang aja yang numpuk?), "itu kamu tuh"
5. siapkan berkas atau dokumen :
    a. Akte notaris (bukan akte kelahiran loh ya)
    b. SK Kemenkumham
    c. Surat keterangan domisili (bukan surat keterangan andon nikah)
    d. email yang aktif milik lembaga (bukan milik pribadi, apalagi milik tetangga sebelah)
    e. NPWP (Nyawang Perempuan Walaupun Pahit), "hussstt... ini beneran NPWP pajak, atas nama lembaga"

udah gitu aja

Langkahnya gini nih :
1. Buka dari komputer/laptop
2. Cari GOOGLE, jika udah ketemu Klik Google (cari di Laptop, bukan cari di dapur)

3. ketikan alamat ini pada kolom atas di gogol tersebut : ditpdpontren.kemenag.go.id/



4. isi kolom yang ada didepan layar (bukan di layar bioskop loh ya)
5. kalau udah selesai, nanti tunggu konfirmasi dari dari Operator Seksi Pontren kabupaten
6. kamu bisa nunggu sambil ngopi di bawah kolong jembatan kampung melayu jakarta timur juga gapapa kok

selanjutnya,
nanti tim verifiasi dan validasi dari kemenag kabupaten akan turun ke lapangan untuk kunjungan silaturahmi kondisi nyata,
sambil pencocokan berkas yang diuplod oleh lembaga dengan kondisi aktual di lapangan,
sambil selfi-selfi juga sih bagi yang hobi,

hasil dari kunjungan ke lapangna nantinya akan di input oleh operator kabupaten untuk diteruskan ke tingkat propinsi melakukan verifikasi, 

dari propinsi diteruskan ke tingkat pusat di jakarta,
dari pusat akan membuat nomor statistik bagi pesantren baru, atau mengupdate data bagi pesantren yang pemutakhiran dan perpanjangan ijin operasional.

abis itu, kamu ambil lagi tuh gelas kopi lalu minum pelan-pelan penuh penjiwaan (pastikan air kopinya yang diminum, bukan gelasnya yang di kunyah)

Artikel Terkait

terimakasih telah berkomentar dengan sopan dan santun
EmoticonEmoticon

INFO : Websit sedang dalam proses perbaikan

Entri yang Diunggulkan

perbaikan web

info flash per 17 januari 2022, pukul 11.20, websete pontren sedang dalam perbaikan --admin

info sekilas