Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Tuesday, 22 October 2019

Serentak Pesantren Meriahkan Apel Hari Santri

Cirebon.pontren.id (22/10/19),
Bertempat di pesantren masing-masing, pelaksanaan apel hari santri dipimpin oleh pengasuh atau yang mewakilinya pada setiap pesantren. Dalam setiap tahunnya selalu berbeda dalam memeriahkan hari santri, salah satu di Pesantren Daarul Qu’an pimpinan KH Aminudin Kecamatan Dukupuntang Desa Cikalahang yang melaksanakan apel hari santri berbaur dengan lingkungan masyarakat sekitar pesantren, hal ini agar lebih mendekatkan ikatan emosional antara pesantren dengan warga sekitar.
Tentu memiliki misi dakwah bil hal, menjalin kerjasama, silaturahmi di momen sepesial para hari santri. Ust. Aceng Rudani didampingi Ustzh Rahmawati Taufani membenarkan bahwa memeriahkan hari santri ini berbaur dengan warga sekitar pesantren, ada hal spesial saat berbaur langsung, kedekatan dengan warga merupakan tradisi sejak pesantren berdiri, sejatinya pesantren memang selalu dekat dengan warga.

Kalimukti, Kecamatan Pabedilan Pesantren An Nasuha pimpian KH Usamah, dan pesantren Nurul Hidayah pimpinan H. A. Jari pun turut memeriahkan hari santri nasional dengan diawali melaksanakan Apel pagi di lingkungan pesantren, dilanjutkan dengan kegiatan seni lainnya seperti, paradae santri, lomba-lomba. Semua santri sudah dilatih untuk tampil dipublik, agar kelak terbiasa saat turun ke masyarakat dan tidak demam panggung.

Tidak jauh beda dengan pesantren lainnya, kegiatan apel hari santri inti diisi pula dengan pengibaran sang saka merah puti, pembacaan UUD 1945, pembacaan teks pancasila, pembacaan ikrar santri nasional.


Sisi lain, di kecamatan Ciwaringin tahun 2019 berbeda dengan tahun 2018 dan sebelumnya, dikecamatan ini sempata mengadakan hari santri yang difokuskan di lapangan bola desa Babakan Kecamatan Ciwaringin diikuti oleh seluruh santri di Kecamatan tersebut, dihadiri para sesepuh, kyai, tokoh masyarakat, aparat pemerintah, dan lain-lain. Tahun ini dilaksanakan dipesantren masing-masing, bukan tanpa alasan kegiatan apel hari santri dilaksanakan di setiap pesantren, mengingat diganti dengan kegiatan lainnya yang sama semaraknya, adalah parade santri ciwaringin dibarengi kegiatan sholawat bersama yang ditempatkan di pesantren Assalafie Madrasah Alhikamus Salafiyah (MHS) Babakan Ciwaringin Cirebon, kegiatan parade santri ini berawal dan berakhir di MHS, diikuti oleh seluruh santri Kecamatan Ciwaringin.

Menjunjung prinsip hablum minallah dan hablum minannas tetap terjaga, hari santri serentak dilaksanakan diseluruh indonesia, bukan hanya dilingkungan pesantren melainkan dilingkungan instasi pemerintahan, dan lembaga pendidikan lainnya.  Santri memiliki pegangan hidup bahwa menjaga persatuan dan kesatuan NKRI adalah sama pentingnya dengan menjaga menjaga agama. Karena tidak mungkin leluasa menjalankan ajaran agama jika tidak diikuti oleh kondisi negara yang kondusif.

“Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia” merupakan tema utama pada hari santri 2019, tema ini memiliki makna sangat luas, salah satunya santri selalu istiqomah menjalankan dan menyebarkan ilmu agama, mengedepakan tolerasi hidup berkebangsaan dan bernegara. menjadikan diri sebagai tauladan berkepribadian akhlaqul karimah. Santri tidak boleh manja apalagi mudah berputus asa, selalu semangat dalam menjalani kehidupan. Disiplin selama berada di pesantren harus tetap dipertahankan meski sudah berbaur dengan komunitas umum.

baca juga 

Video Apel hari Santri oleh karyawan Kementerian Agama kab Cirebon

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email