Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Wednesday, 23 October 2019

Parade santri, seluruh Pesantren Ciwaringin

Cirebon.pontren.id (22/10/19),
Bermula pada 2017 kegiatan parade santri pada momen peringatan hari santri, atas dasar kesepakatan antar pengurus pesantren se Kecamatan Ciwaringin parade santri ditetapkan sebagai agenda rutin tahunan dalam peringati hari santri diikuti seluruh santri di Kecamatan Ciwaringin. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas santri antar pondok pesantren bersama warga sekitarnya. Dukungan dari aparat desa, aparat kepolisian, aparat kecamatan sangat menyambut baik adanya parade ini, terlebih pada momen spesial di hari santri nasional.
Ust. Rommy Syahrial, salah satu pengurus dari Pesantren Mualimin Mualimat membenarkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati hari santri nasional. Parade santri diisi dengan Longmarch dengan berjalan kaki mengitari sekitar Desa Babakan Ciwaringin sambil menunjukkan kreasi seni hasil karya para santri, yang berawal dan berakhir di halaman Pondok Pesantren Assalafi pada Madrasah Alhikamus Salafiyah (MHS). Sambil menunjukan bakat seni para santri yang diiringi marching bang santri.


Semarak ribuan santri dengan beragam model kostum pakaian berjalan tertib berbaris rapih sambil membentangkan poster-poster dengan tulisan kreatif, mengandung pesan moral, bahkan ada yang mencurahkan isi hatinya melalui tulisan poster tersebut terkaitan perasaan hati, ada yang bertuliskan tentang suka duka batin selama berada di dalam pesantren. Tidak sedikit dari mereka yang menganggap parade santri ini sebagai ajang hiburan melepas penat yang sudah beberapa waktu lamanya dihinggapi hafalan-hafalan kitab atau nadzoman di dalam pesantren. Tampak sumringah dan cerita wajah-wajah santri menghiasi jalanan, cuaca panas bukan lagi menjadi kendala, kaki lelah tidak lagi terasa, jaraknya lumayan jauh pun tidak lagi dihiraukan, yang ada adalah rasa senang dan terhidur dari kegiatan ini.

Para pengurus dan kyai dari masing-masing pesantren memberikan ijin dan kesempatan bagi para santri untuk melepas penat, karena bagi mereka kegiatan parade ini adalah hiburan terindah dan berkesan dalam benak sanubari santri.

Kilas lalu, Hari Santri ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dengan Keppres No 22 tahun 2015. Sejak itu, 22 Oktober diperingati sebagai hari santri, dan diperingati setiap tahunnya.

klik atau tekan pada gambar video tersebut
baca juga

Parade santri, seluruh Pesantren Ciwaringin

Pesantren Bina Insan Mulia laksanakan Apel hari santri


klik atau tekan pada gambar video tersebut


No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email