Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Friday, 18 October 2019

MQK Jawa barat dalam suka dan duka

Cipasung, Tasikmalaya (16/10/19),
Semangat peserta dalam mengikuti kegiatan MQK ternyata sangat membludak diluar prediksi panitia penyelenggara, sekitar 800 lebih calon peserta yang mendaftar untuk ikuti lomba kitab kuning MQK, semua calon peserta lomba sudah berada di lokasi lomba.
mengingat keterbatasan kitab yag dilombakan terbatas pada 9 jenis kitab kuning untuk marhalah (tingkat) Ula, Wustha, Ulya.

panitia mengambil langkah sigap untuk mengakomodir peserta melalui teknikal meeting yang dihadiri para official dari pesantren, panitia, pendamping peserta untuk membahas sistem seleksi. mengingat sesuai rencana awal adalah hanya berbatas dengan jumlah 24 peserta lomba namun faktanya melebihi jumlah kuota yang sudah ditentukan
 menghasilkan beberapa kesepakatan bahwa :
1. melakukan seleksi bagi semua peserta dengan cara dilakukan tes
2. kategori tes secara global dibagi atas 2 metode.
3. untuk lomba kitab (fathul qarib, safinah, dan sejenisnya), dikakukan dengan cara mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 15 soal mencakup memaknai, menterjemahkan, mentarkib
4. untuk lomba kitab hafalan (seperti kitab alfiyah, umaryati, dan sejenisnya),  dilakukan tes tulis dengan cara hafalan yang ditunjuk secara acak.
5. sehingga akan terpilih menadi 24 kontestan untuk semua cabang lomba kitab.

namun, entah mengapa saat praktek di lapangan yang bertempat di aula utama kampis IAIA Cipasung justru untuk seleksi lomba hafalan malah disurut mentarkib bacan hafalan. otomatis hal tersebut sangat disesalkan oleh kebanyakan peserta karena mereka hanya terfokus pada kesiapan hafalan (sesuai kesepakatan ketika teknikal meeting).

tidak sedikit peserta nyang merasa kecewa dengan perubahan metode dadakan. ada beberapa peserta yang kecewa dengana mengatakan "ini selesai atau tahu bulat ?" pakai dadakan segala.

bukan cuma sampai disitu kekecewaan peserta dan official, lembih lanjut lagi, mereka peserta dan official sangat kecewa dengan pengumuman hasi seleksi yang hingga jam 23.00 (16/10/19) belum juga diumumkan hasilnya, padahal pihak panitia menjanjikan pengumuman akan diumumkan pada sore harinya antara habis ashar hingg magrib dihari yang sama.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email