Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Wednesday, 23 October 2019

8 poster yang bikin kamu baper dalam parade santri Ciwaringin

Cirebon.pontren.id (22/10/19),
Namanya juga masa-masa pertumbuhan dikalangan remaja, tentunya pasti mengalami fase dimana menyukai seseorang atau disukai seseorang namun tak berani mengungkapkan perasaan tersebut, entah itu terwujud atau tidak. Kadang ada yang mengungkapkan perasaan melalui banyak media, bisa ke tembok, ke sampul kitab, ke ujung sajadah, ke ujung kerudung, dan lain sebagainya. Hanya sedikit saja yang mengungkapkan melalui media sosial karena santri emang tidak diperbolehkan memegang smartphon meski namanya juga manusia tentu ada saja yang curi-curi waktu untuk dapat bermain medsos online.

Ini daftar poster santri yang bikin kamu greget :

1. Gantengmu tak sejernih efek kameraku
entah apa yang merasukimu? hingga kau tega bilang begitu padaku. hehe.. santri emang terbiasa kreatif, apapun bisa dijadikan media untuk ungkapkan isi hatinya.

2. Pantaskan dirimu, perbaiki studi-mu, maka cinta sejati akan menemuimu
cie..cie.. meni bijak, ini rupanya ungkapan perasaan santri putri saat ditembak oleh santri putra, ia memberikan syarat agar terlebih dahulu fokus saja pada pendidikan, jika sudah pantas untuk menerima cintanya, maka akan ia terima cinta dari si santri putra tersebut. (boleh lah, nanti aku copas deh, boleh kan ?)
kira-kira aku udah pantas untuk kamu belum nih ? (red)
 3. secara isi tulisan emang terlihat biasa saja ya
namun coba perhatikan dengan seksama, itu fokus ke warna tulisan, kira-kira benar gak sih itu ditulis pakai pensil jaman tahun 1980an?. atau pakai spidol yang sisaan dari pengurus saat ngaji diruangan, yang isinya kehabisan tinta, dan didalam spidol tersebut ada busa tinta, kayaknya pakai busa isi spidol deh. bener gak sih gaes?
lagi mikir, itu ekspresi yang tengah kira-kira ngapain ya?
 4. Ora perlu tenar, ora perlu sangar, sing penting Qur'an e Lancar
mantap juga nih, sangat kreatif. santri emang isdebes. antara ekspresi pembawa poster dengan isi poster enggak nyambung juga ga papa ya?. namanya juga parade, ya tentunya ekspresinya serba dadakan, kayak tahu bulat. hehehe...

yang sebelahnya :
Dilanmu tak seganteng pak kiyaku.
Mileamu tak secantik ibu nyaiku
Suriptomu tak segalak guru ngajiku

dan (kamu yang bawa poster itu)
Kenapa tidak menatap ke arah kameraku? (hayo kenapa coba?)

5. (poster kuning)
Mengingat Hafalan tak semudah mengingat kenangan bersamamu
asyik banget nih yang punya kenangan, tapi aku gak mau menjadi kenangan kamu, maunya aku selalu bersamamu, saat ini dan selamanya. ehm..ehm.

6. Jangan biarkan mereka meng-Gosab sandalku
bagi kalangan santri tentu sangat tidak asing dengan kata "Gosab". istilah gosab biasa dimaknai "meminjam, menggunakan, memakai sesuatu barang tanpa ijin terlebih dahulu ke si pemilik barang tersebut, dan barang tersebut dikembalikan ke tempat semula".

barang-barang yang rawan digosab seperti : sandal, ember, sabun, gayung, alat tulis, tinta, handuk, meja kecil, peralatan makan. cuma inget, jangan sampai pacar kamu di Gosab oleh saya nih. hehehe.. (nyengir kuda)

baca juga

Parade santri, seluruh Pesantren Ciwaringin

Pesantren Bina Insan Mulia laksanakan Apel hari santri



7. poster tak ada tulisan, hanya logo medos saja
kira-kira maknanya apa coba ?. makna yang tahu persis sih tentunya hanya yang membuat logo medsos tersebut, namun rasanya kurang greget jika kita tidak menerka-nerka makna dibalik logo medsis tersebut.

kamu pastinya punya pandangan sendiri, atau pandangan bersama juga boleh. yang jelas aku memaknai logo tersebut "santri tidak menggunakan medsos whatsapp, instagram, lainnya, namun bukan berarti mereka tidak punya akunnya".
mereka akan menggunakan medsos tersebut bilamana sedang musim liburan pondok, dan berada dirumah masing-masing (bukan dirumahku loh ya, emang mau ngapain ke rumahku?, kalo mo ngopi-ngopi ya hayuk)



8. wongedan bebass
wongedan (tulisan tanpa spasi), meski penulisan yang benar adalah pakai spasi "Wong Edan". tulisan "Bebass" pun menggunakan huruf S kembar. itu bukan tanpa maksud. maksudnya tanyakan sendiri aja deh sama si pembuatnya.

mungkin dikalangan tertentu tulisan "Wongedan Bebass" itu sebagai ungkapan kata yang kasar atau kurang baik. ya itu terserah si pambaca mau memaknai apa. yang jelas aku memaknai maksud tersembunyi dibalik tulisan tersebut. kira-kira mankanya apa ya?. lagi-lagi, yang tau persis dari makna tersebut adalah ya si pembuatnya. (hehe... ngeles sambil mikir sambil salto). hayo udah ketemu belum maknanya ?.

kalau aku sih menerkanya gini :
itu sebuah ungkapan kebebasan jiwa yang merasa terkekang dari sebagian santri selama berada di dalam pesantren. terkekang dalam arti padatnya jadwal hafalan, setoran hafalan, pengajiann kitab, ro'an (kerja bakti gotong royong ala santri), bersih-bersih sekitar pondok.




No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email