Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Monday, 9 September 2019

Pembinaan SDM Guru DTA di Kampus Institut Agama Islam BBC

Kedawung (Senin, 9/09/19), Cirebon.pontren.id,
Rangkaian Sambutan :
  1. H. Mujayin Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cirebon
  2. H. Yasin, Kepala seksi PD Pontren Kabupaten Cirebon
  3. H. Maulana Ishaq (ketua FKDT Kabupaten Cirebon)
  4. H. Taufiqurrahman, Panitia kegiatan pembekalan SDM Guru MDTA
  5. H. Ahmad Rifai, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Kanwil Propinsi Jawa Barat,
  6. H. Imron Rosyadi, Plt. Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon
  7. H. Oman Fathurrahman, Rektro Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)
  8. H. Sulaiman, Dosen Luar Biasa IAI BBC

Kegiatan upgrading guru Diniyah Takmiliyah Awwaliyah merupakan salah satu agenda rutin tahunan oleh Seksi Diniyah Pendidikan Pondok Pesantren (PD Pontren), bertempat di Aula Lantai Dua Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jalan widarasari lll Tuparev kecamatan Kedawung, merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui Seksi PD Pontren beberapa bulan berlalu. Dihadiri oleh 80 Guru MDTA se Kabupaten Cirebon terdiri dari 40 kecamatan, juga mahasiswa, dosen, umum turut menjadi peserta kegiatan ini.
Pukul 08.00 wib semua peserta berkumpul di Aula Kampus mengikuti rangkatan acara yang dibuka oleh H. Mujayin Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cirebon namun sebelumnya diisi sambutan oleh Maulana Ishaq Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Cirebon dilanjut sambutan oleh H. Yasin Kepala Seksi PD Pontren Kabupaten Cirebon setelah didahului pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Ust. H. Samsudin dari Seksi PD Pontren.
Maulana Ishaq menyampaikan betapa pentingnya koordinasi dan kerjasama antar Forum DTA tingkat kecamatan dengan FKDT kabupaten agar tidak terjadi mis communication. Tidak hentinya, beliau mengingatkan agar data akurat dari lembaga DTA, Data PTK, Data Siswa agar lebih tertib dari sebelumnya.
H. Yasin, Kepala seksi PD Pontren Kabupaten Cirebon menyampaikan apresiasi atas semangat dan kerjasama dari seluruh Guru DTA yang diwakili perwakilan dari setiap kecamatan, semangat juang para guru DTA yang merupakan ujung tombak pendidikan keagamaan islam petut diperhatikan secara intensif dan berkesinambungan, keberadaan dan kemajuan lembaga DTA dapat dijadikan salah satu barometer keberhasilan Kementerian Agama Kabupaten Cirebon dalam bidang pendidikan non formal
H. Mujayin, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, dalam sambutannya setelah membuka acara mengatakan bahwa akan berupaya membantu para guru DTA melalui rekomendasi bantuan ataupun insentif kepada pihak terkait, salah satu komitmen Kementerian Agama dalam bidang pendidikan non formal adalah memajukan lembaga pendidikan dari mulai TKQ TPQ DTA PPS SPM PDF.

H. Imron, Plt Bupati Cirebon, memberikan penjelasan tentang program pendidikan diniyah yang akan dimasukan ke dalam anggaran pendidikan keagamaan pada APBD mendatang, namun masing menunggu persetujuan dengan DPRD, akan membangkitkan lagi tentang insentif guru diniyah sebagaimana yang pernah ada pada era kepemimpinan Bupati sebelumnya (alm Dedi Supardi).
H. Taufiqurrahman, Panitia kegiatan pembekalan SDM Guru MDTA, dalam sambutannya memberikan laporan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama intensi antara IAI BBC dengan Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui Seksi PD Pontren Kabupaten Cirebon, kegiatan ini tentu tidak asing bagi guru DTA karena dalam setiap tahunnya selalu diadakan.

Baca juga : 

zona 2 : Sosialisasi Pendataan Emis






No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email