Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Wednesday, 28 August 2019

Penguatan Sistem Informasi dan Publikasi Emis (Kerangka Acuan Kerja, TOR)


Kegiatan Penguatan Sistem Informasi dan Publikasi Emis

A.      PENDAHULUAN
       Data adalah sebuah fakta mentah atau eincian peristiwa yang belum diolah dan terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran penerima data tersebut. Oleh sebab itu, data perlu diolah terlebih dahulu menjadi informasi agar dapat diterima oleh penerima. Data dapat berupa angka, simbol, karakter, suara, gambar atau tanda-tanda yang dapat dijadikan sebuah informasi. Sebuah informasi dapat menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolajan sistem informasi selanjutnya. Dalam ilmu komputer, data adalah segala sesuatu yang disimpan dalam memori menurut format tertentu.
        Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan dan bisa juga berupa hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.
Setiap madrasah memiliki kewajiban untuk mengupdate data madrasah atau PTK setiap semester. Madrasah meiliki dua program aplikasi dalam mengupdate data masalah atau PTK, yaitu melalui EMIS dan SIMPATIKA. Kedua program aplikasi tersebut aplikasi penting dalam hal peng-updatan database madrasah dan PTK. Sudah kita ketahui sekarang, bahwa dalam pemograman EMIS itu dilakukan setiap semester dalam setiap satu tahun pelajaran. Bahkan SIMPATIKA sendiri, baik madrasah maupun PTK harus mengaktifkan database masing-masing, jika tidak maka database mereka akan ditangguhkan bahkan mungkin dihapus secara permanen.
Uraian tersebut, jelas sekali bahwa pendataan EMIS sangat penting karena akan berimplikasi pada madrasah dan PTK itu sendiri. Pendataan EMIS yang benar dan terupdate dengan baik, maka akan mempermudah bagi madrasah dan PTK dalam berbagai hal yang berhubungan dengan kebutuhan pendataan.
Sebagaian atau mungkin kebanyakan madrasah atau PTK masih ada yang menganggap remeh data, baik data EMIS maupun SIMPATIKA. Banyak sekali madrasah dan PTK yang menyerahkan pengupdate-tan database mereka kepada Operator Madrasah, Khususnya dalam program SIMPATIKA. Seharusnya para PTK melakukan pengaktifan atau pengupdate-tan database mereka secara individu, karena itu data masing-masing. Seandainya pun tidak bisa, maka berikan pengupdate-tan kepada operator tetapi dalam bimbingan, agar data yang diupdate tidak keliru. Bukankah kita sudah tahu, bahwa tunjangan untuk guru sekarang berdasarkan database yang ada pada SIMPATIKA. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan dan mengabaikan data.
Diakui memang, diantara PTK yang ada dimadrasah masih ada yang sangat mengandalkan pendataan kepada operator madrasah. Hal ini tentu tidak baik bagi PTK itu sendiri, sebab kemungkinan data yang bersangkutan tidakk terupdate dengan baik. Perlu kiranya saling mengingatkan, bahwa pekerjaan operator madrasah saat ini begitu komplek dan beragam, sehingga ada kemungkinan pada saat pendataan PTK pada SIMPATIKA tidak terselesaikan dengan baik terlebih data yang dibutuhkan dari PTK yang bersangkutan tidak lengkap karena terlalu mengandalkan operator. Kondisi tersebut memungkinkan operator akan mengentry data apa adanya yang terpenting tidak melewati batas waktu yang terjadwal. Hal ini tentu tidak baik dan akan merugikan PTK itu sendiri. Seharusnya data tersebut memenuhi standar syarat data yang bermutu guna mendukung perencanaan program pendidikan yang transparan dan akuntabel, diantaranya : 1) obyektif; 2) representatif; 3) akurat; dan 5) relevan.
Sementara itu, Pd Pontren Kankemenag melalui kegiatan Penguatan sistem informasi dan publikasi pendidikan agama dalam rangka pemutakhitan data EMIS (Education Management Information System) pada madrasah dan pendidikan keagamaan diharapkan dapat menyediakan dan dan sistem informasi yang bermuu bagi seluruh stakeholder Ditjen Pendidikan Islam, khususnya Pendidikan Diniyah Pesantren. Setiap Direktorat dilingkungan Ditjen Pendidikan Islam bekerja berdasarkan data tersebut, tidak mungkin ada perencanaan dan pelaksaan tanpa adanya data yang menjadi dasar pertimbangan (baseline). Pentingnya data emis dalam merekam jumlah siswa untuk memperoleh bantuan dari pemerintah, baik berupa dana BOS, PIP, atau bantuan lainnya yang bermuara dari pemerintah, usulannya harus sesuai dengan daya yang diupdate melalui EMIS.


Gambaran Umum
Kabupaten Cirebon mempunyai 40 Kecamatan yang terbentang menjadi Cirebon Wilayah Timur, Cirebon Wilayah Selatan, Cirebon Wilayah Utara, dan Cirebon Wilayah Barat. Bentangan wilayah ini bukan pengkotomian administratif namun lebih pada penyebutan masyarakat ketika menyebutkan daerah tertentu di wilayah Cirebon dan memudahkab mayarakat dalam bersosialisasi satu  sama lainnya.
Seiring dengan perkembangan itu, adalah pendirian Diniyah Takmiliyah dan Taman Pendidikan Al-qur’an yang tersebar di setiap desa Kab. Cirebon. Mengacu dari perkembangan DTA dan TPQ di Kab. Cirebon tersebut maka perlu adanya pembinaan terhadap guru DTA dan Guru TPQ dalam rangka pengatan sistem informasi dan publikasi yang terangkum dalam EMIS (education management information system).
Dalam perkembangannya, Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang ada di wilayah Kab. Cirebon adalah:
Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di wilayah Kab. Cirebon

(Versi Tahun AJARAN 2017-2018)
a.       Data Madrasah Diniyah Takmiliyah
1)      Jengjang Ula                              : 934
2)      Jenjang Wustha                        : 0
3)      Jenjang Ulya                              : 0
4)      Jumlah Santri                             : 934
5)      Jumlah Pendidikan/Ustadz  :
b.      Data Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ)
1)      TKQ/RAQ                                     :     618
2)      TPQ/RTQ                                     :  1.339
3)      TQA                                               :  0
4)      Jumlah Santri                             :90.415
5)      Jumlah Pendidik/Ustadz       :    6.760
 

NO.
LEMBAGA
JML
JML GURU
JML SISWA
JML ROMBEL
1
DTW
1
6
35
3
2
DTA
927
5.617
121.685
3.408
3
TPQ
1493
6.566
5.8782
1.850
4
TKQ
429
568
14.542
2.390

JUMLAH
2850
12.757
195.044
7.651

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email