Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Thursday, 22 March 2018

Rajaban bersama di Pondok Pesantren HMQ

(Arjawinangun, 22/03/), H. Mujayin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui H. Abu Bakar Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) melalui sambungan Whatsappnya kepada Pengasuh Pondok Pesantren HMQ,
membenarkan adanya kegiatan yang berlangsung di Pesantren tersebut dengan momen bulan Rajab (Rajaban).
Di sela-sela kegiatan dinas ke Bandung beliau menyempatkan diri melalui pesan whatsappnya menyampaikan apresiasi positif dan medukung kegiatan keagamaan yang berlangsung di Pesantren HMQ, juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga non formal lainnya seperti DTA TPQ TKQ dalam mensyi'aran ajaran islam melalui momen rajaban.

Rajaban adalah istilah lain peringatan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hampir setiap daerah memiliki tradisi yang mungkin berbeda istilah atau cara perayaannya. Namun sejatinya semua memiliki esensi yang sama, yakni sebuah pengingat peristiwa agung, tatkala Nabi saw melakukan perjalanan dari Makah ke Palestina (isra’), kemudian naik (mi’raj) hingga ke Sidratul Muntaha untuk bertemu Rabb-nya.

Adalah K. Agus Abdul Kholik Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in lil Qur'an (Ponpes HMQ) Desa Karangsambung Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon bersama dengan para jamaah dari kalangan Masyarakat umum di lingkungan sekitar juga para santri, dengan khusyuk mendengarkan tausiyah dalam kegiataan umum keagamaan dengan tema "Memahami makna sholat dan penerapan dalam kehidupan sehari", sholat disamping adalah oleh-oleh dari kisah perjalanan Isro Mi'raj dari Banginda Mulia Nabi Muhammad SAW juga merupakan kewajiban individu kepada sang Kholiq bagi setiap kaum muslimin dan muslimat.

”Kehadiran kami dalam acara tersebut diantaranya adalah ngalap berkah. Selain itu juga agar dapat meneladani ulama-ulama salaf terdahulu semasa hidupnya, karena kan ulama itu pewaris para nabi” ujar warga Desa Karangsambung Arjawinangun tersebut.

Dihadapan ratusan jamaah yang hadir, K. Agus Abdul Kholik mengakhiri tuasiyahnya dengan memberikan banyak tauladan dari Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat muslim.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email