Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Tuesday, 20 March 2018

Pembina dan Upgrading Guru DTA dan LPQ

(Sumber, 20/03/18), Bertempat di Aula Masjid Agung Sumber Kabupaten Cirebon, Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (seksi PD Pontren) mengadakan kegiatan “Pembina dan Upgrading Guru DTA dan LPQ” se Kabupaten Cirebon diwakili oleh Forum tingkat kecamatan se Kabupaten Cirebon.
Peserta berjumah 80 orang yang terdiri dari 40 orang dari forum DTA tingkat kecamatan dan 40 orang dari forum LPQ tingkat kecamatan.

Kabid Pontren Jabar (biru), Kasi PD Pontren (seragam dinas)
Hal-hal yang dibahas dalam kegiatan ini adalah berkaitan dengan :
  1. Peningkatan mutu guru DTA LPQ
  2. Peningkatan hubungan kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui seksi PD Pontren dengan organisasi mitra melalui Forum DTA dan Forum LPQ
  3. Strategi pengembangan peran serta DTA dan LPQ di masyarakat
  4. Peningkatan fungsi pendidikan DTA dan LPQ
  5. Menampung aspirasi dari lembaga-lembaga melalui Forum yang disampaikan kepada Kementerian Agama tingkat proponsi jawa barat melalui Kepala Seksi LPQ dan Kepala Seksi DTA tingkat propinsi


H. Mujayin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon memberikan sambutan terkait perasns serta lembaga pendidikan keagamaan non formal di lingkungan Kementerian Agama dan sekaligus membuka acara pada kegiatan ini, diselingi dengan silaturahmi perkenalan kepada masing-masing pengurus FKDT dan FKPQ tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten.

H. Abu Bakar Shidiq, Kabid Pontren Kanwil Jabar dalam sambutannya yang didampingi oleh Kasi PD Pontren Kabupaten Cirebon H. Abu Bakar mengatakan bahwa guru-guru DTA LPQ itu lebih disegani dan dihormati daripada guru-guru pada pendidikan formal lainnya, karena dalam pembekalannya kepada murid diajarkan tentang tatakrama, sopan santun melalui metode pembelajaran keagamaan.

H. Abu Bakar, Kasi PD Pontren sekaligus ketua panitia yang didampingin oleh H. Samsudin, melaporkan tentang kegiatan dan keberadaan lembaga-lembaga yang ada di Kabupaten Cirebon termasuk kondisi para guru DTA LPQ, menyinggung pula tentang peran serta data EMIS bagi keberlangsungan lembaga.

H. Nurmauludin, Kepala Seksi LPQ tingkat kanwil jabar, didampingin oleh Hj. Ropi, memberikan pembekalan tentang strategi dan kiat-kiat dalam memajukan lembaga terasuk juga mensejahterakan para gurunya, disamping menampung segala aspirasi dari lapangan.



H. Ahmad Rifa’i, Kepala Seksi DTA tingkat kanwil jabar, didampingi oleh Anis Khairunnisa menyampaikan hal yang sama dengan kepala seksi LPQ, ditambah dengan peran serta lembaga DTA dalam kegiatan umum seperti Porsadin, kegiatan lomba2 antar kecamatan, juga terkaitan cara mendapatkan bantuan.


H. Mualim dan Aziz Ahlaf, sebagai penyusun kegiatan “Pembinaan dan upgrading guru DTA LPQ” Hanya jangka waktu 3 hari bekerja keras menyusun kegiatan tersebut yang dilakukan secara mendadak namun tidak mengurangi kualitas dari kegiatan ini yang berjalan lancar dan tanpa kendala.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email