Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Friday, 23 March 2018

Neng Jumsih itu Siapa ? kok bawa-bawa 5 Budaya kerja segala

(Sumber, 23/03/18), Kali pertama kegiatan ini diadakan setelah sekian lama break off dari rutinitas tiap hari jumat yang lazim diistilahkan dengan Jumsih (Jumat bersih-bersih).
Adalah H. Mujayin, kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon yang per TMT 1 Maret 2018 secara resmi bertugas di Kabupaten Cirebon langsung turun lapangan membersihkan area internal dan parkiran kantor diikuti oleh para pegawai dari masing-masing seksi, tak terkecuali seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) yang memiliki area parkiran paling luas, pun semua pegawainya di bantu anak-anak PKL yang dikomandoi oleh Hj. Ropi dan Anis Khairunnisa turut mendampingi kepala kantor dalam momen Jumsih.

Jiwa kepemimpinan yang merakyat saat memimpin JUMSIH menjadikan para pegawai salting (salah tingkah), bahkan mencabuti rerumputan pun dilakukan secara langsung tanpa harus menyuruh para pegawai dan anak-anak PKL, tak terkecuali oleh H. Abu Bakar Kepala Seksi PD Pontren melalui para staff nya.

Atas dasar dari makna kalimat indah Annadzofatu Minal Iman (kebersihan adalah sebagian daripada iman) menjadi latar belakang spirit dalam momen Jumsih. Harapan dari kegiatan ini adalah menjadikan area di sekitar kantor itu lebih indah dan bersih, yang mana bisa berdampak positif pada etos kerja dari masing-masing pegawai, disamping dapat menambah rasa nyaman bagi tamu yang datang dan juga menghilangkan kesan Kumuh pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon.


Lebih jauh dari kegiatan JUMSIH ada makna lain wujud pengamalan dari 5 Budaya Kerja dalam poin ke 4 dan ke 5 (Tanggung jawab dan Keteladanan). Setiap pegawai, sejatinya memiliki Tanggung Jawab terhadah lingkungan tempat kita bertugas agar bisa menjadi Keteladanan bagi instansi maupun bagi orang lain, setidaknya menjadi keteladanan bagi internal pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Cirebon.

Harapan kegiatan Jumsih ini dilakukan secara istiqomah dan berkesinambungan sebagai salah satu wujud nyata dari Integritas pegawai dalam menjadikan Kantor tempat kerja sebagai bagian dari kesatuan yang tak terpisahkan dalam diri setiap pegawai. Integritas adalah salah satu dari 5 Budaya Kerja pada Poin ke 1.



No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email