Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Thursday, 7 December 2017

Sosialisasi Emis Online FKDT Kec Sumber

(Selasa, 5 Desember 2017), Bertempat di Aula gedung PUI kecamatan Sumber,
para operator emis utusan dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliha (MDTA) se kecamatan Sumber, sekitar 49 peserta sosialisasi emis online mengikuti kegiatan ini dalam rangka pengalihan sistem informasi manajemen pendidikan yang berbasin online (EMIS / Education Management Information System).

Bapak Musa, selaku ketua organisasi mitra dari Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) dalam wadah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) tingkat kecamatan Sumber memberikan beberapa pandangan dalam sambutannya bahwa kegiatan sosialisasi emis online merupakan program perdana yang melibatkan langsung setiap operator tingkat lembaga, berharap kegiatan ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah melalui Kementerian Agama tingkat kabupaten.

“saya sangat berterima kasih atas antusias para operator lembaga dalam mengikuti kegiatan ini, walaupun berbarengan dengan jadwal pemadaman listrik bergilir hingga jadwal berubah mendadak, semula penyampaian metodenya dengan praktik langsung membuka dan membuat akun emis online, namun akhirnya menggunakan metode tanya jawab dan penyampaian materi secara teoritis” ujar Bapak Musa dalam sambutannya.

H. Busyaeri,  sebagai pengawas pendidikan bidang MDTA membuka dan memberikan sambutannya, yang juga mewakili Kepala Seksi PD Pontren turut hadir dalam kegiatan ini. “pentingnya data yang bersumber langsung dari lembaga merupakan salah satu kunci dari emis online, mengingat data adalah komponen utama dalam penyusunan dan pembuatan anggaran bagi Kementerian Agama tingkat pusat dan propinsi”, dalam sambutnya

"kami selaku panitia kegiatan ini mohon maaf atas kendala teknis yang tidak diinginkan, karena berbertepatan dengan kondisi putus arus listrik akibat pemadaman listri bergilir" jelas Bpk Madun dalam sela-sela menjelang kegiatan berlangsung.

salah satu Ibu Guru DTA Nurussalam, Siti Fatimah menanyakan untuk apa adanya emis online itu ?, dalam sela-sela sesi tanya jawab.

"Salah satu tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan eksistensi MDTA, juga merupakan program pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama. Melalui suratnya kepada kementerian agama tingkat kabupaten /  kota terkait pemutakhiran data pendidikan keagamaan non formal yang berbasis online" jelas Aziz Ahlaf dalam materinya yang didampingin Uci Sanusi sebagai asistennya.

"Hasil akhir, dari emis online untuk memajukan lembaga pendidikan non formal dengan sistem pendidikan yang disetarakan dengan pendidikan formal. Dengan begitu, kesejahteraan bagi para guru lembaga dan pengelola akan turut serta dalam sekala prioritas, disamping perhatian secara khusus terhadap sarana dan prasarana pada MDTA", lanjut H. Busyaeri yang mewakili H. Abu Bakar Kasi PD Pontren di tengah-tengah sambutannya.


"Program pemerintah bidang pendidikan ini bersifat jangka panjang dan kontinuitas (berkesinambungan) melalui tahapan-tahapan yang dituangkan dalam bentuk bantuan langsung dari pusat atau melalui anggaran tingkat propinsi dan kabupaten". sambunyanya.

akhir kegiatan ini diisi dengan ramah tamah untuk memperkuat tali silaturahmi, dan kembali menuju tempat tugas masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email