Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Friday, 20 October 2017

verifikasi pesantren Alhikam terkait bantuan dan evaluasi EMIS



H. Abu Bakar (Kasi Pontren Kab Cirebon/kiri),
Dr. Slamet (Kasi Pontren Kanwil Jabar/kanan)
(Cirebon, Kamis 19 September 2017) Desa Ciwaringin Pukul 11:11 WIB Tim Kanwil Provinsi Jawa Barat yang dikomandoi oleh
Dr. H. Slamet beserta 2 pendambingnya Hj. Tike dan Hj. Leti tiba di Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon pada PPS Alhikam. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon H. Imron yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) H. Abu Bakar beserta Timnya, H. Mualim, H. Samsudin, Aziz Ahlaf menyambut kunjungan dinas dari kanwil terkait survei dan verifikasi bantuan pembangunan Asrama Pesantren, disambut penuh ta’dzim oleh pengasuh PPS Alhikam KH. Mahyubuzzuhri dan pendampingnya Syukron.

Hj Leti (Kanwil Jabar/ungu), H. Mualim (PD Pontren/batik)
Syukron (Ustadz Alhikam/kopiyah hitam), Hj. Tike (Kanwil Jabar)
H. Mahyubuzzuhri (Pengasuh Pesantren Alhikam)
H. Samsudin (PD Pontren)
Hal-hal yang diverifikasi antara lain adalah kelengkapan administrasi, tinjauan lokasi dan kondisi bangunan, sarana dan prasaran, kelayakan bangunan. Sumber dana bantuan itu berasal dari anggaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang merupakan tindak lanjut dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) tingkat pusat di Jakarta disamping dalam rangka evaluasi program pendidikan kesetaraan paket ula, paket wustha, dan Paket C yang dibekerjasama dengan kemdiknas melalui data online yang disebut DAPODIKNAS.

Hj. Tike yang berfokus pada bidang administrasi pesantren mengarahkan agar dalam pengadministrasi dokumen terkait pesantren bisa lebih tertib lagi. “Penataan dan tertib administrasi dalam sebuag lembaga atau organisasi merupakan salah satu keharusan yang wajib ditempuh oleh setiap lembaga pendidikan (pesantren)”, H. Mualim menambahkan.
salah satu barometer dari tertib administrasi dari suatu lembaga (pesantren, red) bisa dilihat dari seberapa akurat dan valid dalam pengerjaan data EMIS pontren (educatioan management information system)”, imbuh operator emis tingkat Kabupaten, Aziz Ahlaf.
langkah pengerjaan data emis, bisa dimulai dari pembuatan izin operasional pendirian lembaga”, sambung H. Samsudin.

bantuan untuk pesantren PPS Alhikam nantinya akan difokuskan pada pembangunan fisik berupa gedung atau asrama bagi santri dan pengurusnya”, tutur pengasuh PPS Alhikam H. Mahyubuzzuhri.

akhir dari kegiatan verifikasi dan kunjungan dengan melakukan foto bersama.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email