Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Sunday, 22 October 2017

Hari Santri Nasional (HSN) di Masjid Al Jabar Kabupaten Cirebon

Istighotsah di Masjid Al Jabar dalam HSN
(Cirebon, 21 Oktober 2017), Ribuan Santri dan ratusan kiyai dari berbagai kecamatan dan pondok pesantren se Kabupaten Cirebon membanjiri Masjid Al Jabar di Jalan Raya Cirebon – Bandung. Kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas sempat terjadi di lokasi tersebut, namun berkat kerjasama dan koordinasi antara GP Ansor dengan Aparat Kepolisian dan TNI, kondisi tersebut dapat dinetralisir sangat tertib. Tidak ketinggalan pula aparat keamanan TNI, aparat Kepolisian turut serta membanjiri acara tersebut.
                           
Aparat Kepolisian, Personil GP Ansor
Hari Santri Nasional (HSN) 2017 merupakan momen yang sangat tepat sebagai wahana dan ajang silaturahmi antar lapisan masyarakat dari berbagai golongan, dengan harapan dapat mempererat ukhuwah dan rasa persaudaraan. Disamping untuk mengenang atas perjuangan dan jasa kaum santri dan kiyai dalam keterlibatan memperjuangan kemerdekaan negara indonesia tercinta. Pun, sekaligus mendoakan para pahlawan pada umumnya, juga para kaum santri dan kiyai yang telah gugur membela tanah air indonesia.

H. Imron Kepala Kemenag Kab Cirebon / Bpk Subhan GP Ansor Ciwaringin
Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon H. Imron beserta Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Khidir yang didampingi H. Abu Bakar Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren) pun menghadiri dan membenarkan adanya kegiatan tersebut, dan sudah melakukan koordinasi pada jauh-jauh hari dengan pihak kemenag Kabupaten Cirebon. R. Taufiq yang didampingi Subhan, Sebagai salah satu koordinator GP Ansor wilayah barat Kabupaten Cirebon turut melakukan pengamanan terhadap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon beserta para kepala seksinya sebagai salah satu tanggung jawab moril juga ikatan emosional kedinasan dengan kemenag yang merupakan leading sektornya melalui seksi PD Pontren dalam acara HSN.

Kelompok Kerja (Pokja) Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) selaku koordinator dari pesantren salafiyah melalui kegiatan ini yang diwakili oleh K. Agus Abdul Kholiq berharap bahwa kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pemersatu antar pondok pesantren se indonesia khsusnya se kabupaten Cirebon dan sekitarnya, sesuai dengna semboyan HSN “wajah Pesantren Wajah Indonesia”.

Ribuan Santri dalam HSN di Masjid Al Jabar Cirebon Plumbon
dari santri untuk negeri, merupakan moto yang tepat sebagai bentuk keterlibatan dari kaum santri dan para kiyai” tutur H. Imron Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon beberapa saat menjelang acara dimulai. “subhanallah, sungguh luar biasa adanya, saya bahkan tidak mengira acara HSN kali ini akan semeriah ini, antusias dari kaum santri dan masyarakat setempat begitu terlihat jelas” imbuhnya.

Ribuan Santri Melantunkan Lagu Indonesia Raya dan Mars Santri
H. Abu Bakar Kepala Seksi PD Pontren pun memandang perlu untuk menciptakan terobosan dan inovasi baru dalam memperingati HSN pada momen mendatang agar lebih variatif lagi. Mengingat acara ini begitu meriah dan bergemuruh lantunan sholawat, istighosah yang juga melantunkan Lagu kebanggaan kita “Indonesia Raya” dilanjut dengan pembacaan Ikrar Santri, Mars Santri oleh para santri diiringi para hadirin.

lumayan mas, isun daganngane laris pisan, mangkal sing kawit tes bedug, baka bisa sih acara mengkenen kuh aja setaun sepisan, bari isunne olih rejekie tambah akeh” ucap salah satu pedagang somay yang sengaja mangkal di area Masjid Al Jabar (arti : Lumayan mas, saya jualannya laku banget, mangkal sejak habis dzuhur, kalau bisa sih acara seperti ini tuh jangan setahun sekali, supaya saya nya dapat rejeki makin banyak).


Ratusan santri berjalan kaki menuju Masjid Al Jabar, dari berbagai Penjuru
Bahkan para pedagan pun mendapatkan berkah melimpah dari acara HSN ini. Subhanallah Wa Barokallah.

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email