Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Sunday, 22 October 2017

Ciwaringin Desa Babakan dalam Hari Santri Nasional 22 Oktober se Kabupaten Cirebon

H. Khidir (Batik tengah) dalam tribun undangan

(Cirebon, Ciwaringin 22 Oktober 2017), Di tempat berbeda di waktu yang sama beberapa pesantren se Kabupaten Cirebon menggelar Peringatan Hari Santri Nasional (HSN).
Di kecamatan Ciwaringin di Desa Babakan, Sekitar 10.000 Santri memadati lapangan Sepakbola Desa Babakan yang terdiri dari berbagai pesantren se Kecamatan Ciwaringin, panasnya terik mentari pagi menuju siang tidak membuat langkah para santri terhenti untuk menuju lokasi.

Hadir Pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon H. Imron melalui H. Abu Bakar Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren) diwakili oleh H. Khidir Kepala Sub Bagian Tata Usaha (kasubbag TU) Kemenag Kabupaten Cirebon dalam peringatan HSN.
Rombongan karnaval santri tiba di lapangan apel
Ribuan Santri berkumpul dari berbagai pesantren se Kecamatan Ciwaringin membuat suasana menjadi ramai meski di tengah panasnya terik mentari” ucap H. Khidir di sela-sela perjalanan menuju tempat khusus para undangan.
menyaksikan jalannya acara dari awal sampai selesai secara langsung merupakan suatu kebahagiaan karena dapat merasakan atmosfir langsung di lapangan atas semangat para santri dan para kiyai” jawab beliau saat ditanya mengenai kesan dari acara tersebut.
untuk yang akan datang, berharap lebih meriah lagi, kalau bisa disediakan pula tempat khusus para panitia pelaksana, agar mempermudah dalam koordinasi dengan pihak terkait” pesan beliau saat ditanya mengenai pesan dan evaluasi untuk acara berikutnya.

KH Zamzami Amin / Inspektur Upacara HSN

Tepat pukul 07:00 - 08:00 WIB di mulai di halaman utama pesantren Assalafie dan Madrasah al-Hikamus Salafiyah (MHS) pawai karnaval karya asli para santri berjalan kaki beriringan menuju lapangan sepakbola Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin untuk mengikuti Apel Bersama dalam Peringatan HSN tepat pada pukul 09:00 WIB Apel langsung di mulai setelah sebelumnya para santri berkumpul sejak pukul 07:00 wib, mengingat kondisi padanya jalan yang akan dilalui tidak akan menampung ribuan santri karnaval maka secara spontan panitia berinisiatif membagi konsentrasi santri  dalam 2 kelompok, kelompok satu para santri memeriahkan pawai karnaval dan kelompok santri lainnya berkumpul langsung di lapangan untuk menyambut para santri karnaval.

pawai karnaval santri menuju lapangan
Ketua panitia pelaksana KH. Gus Muhammad Arsyad Makhtum pun merasa bangga atas semangat para santri dalam mensukseskan peringatan HSN ini. Ust. Rommy dan Ust Juhri salah satu panitia mengapresiasikan antusias para santri dalam memeriahkan peringatan HSN, tak terkecuali masyarakat sekitar pun turut mendukung dan mengamankan jalannya acara ini.
Dr. H. Affandi Mukhtar, MA selaku penanggung jawab umum atas peringatan HSN ini mengatakan “bahwa acara terbentuk atas kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak antar pesantren se Kecamatan Ciwaringin dengan pihak-pihak terkait, juga lapisan masyarakat sekitar” beberapa menit usai kegiatan ini selesai digelar.
   
Rombongan santri dan karnaval memasuki lapangan
H. Tarsidi Camat Kecamatan Ciwaringin dan AKP Tutu Kapolsek Ciwaringin turut hadir mendampingi para sesepuh pesantren Babakan Ciwaringin KH. Zamzami Amin, KH. Azka Hamam, Dr. H. Wawan Arwani, KH. Najiyullah, K. Safi’i Asmari, Ny. H. Masriyah Amva, KH. Munir, KH. Abdul Qohar, KH. Asmawi, KH. Ahmad Zaeni Dahlan, juga para seseupuh se wilayah lll Cirebon. Sangat tertib dan lancar jalannya acara ini berkat kerjasama antar pesantren se kecamatan Ciwaringin di dukung aparat kepolisian, koramil, GP Ansor, Banser, dan pihak kemanan perwakilan masing-masing pesantren.

Susunan acara :
  1. Pembacaan Tawasul oleh KH. Azka Hamam Saerozi
  2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dipimpin dirigen oleh Mutiara dari pesantren Attaqwa
  3. Inspektur Apel oleh KH. Zamzami Amin
  4. Pemimpin Apel oleh santri Assalafie
  5. Pembacaan UUD 45 oleh santri
  6. Pancasila oleh inspektur apel
  7. Pembacaan Doa oleh KH. Ahmad Zaeni Dahlan (Pesantren Raudlatut Thalibin)
  8. Selesai
==dilanjut=
  1. Pembacaan Ikrar santri
  2. Pembacaan Sekilas tentang Resolusi Jihad
  3. Mars Santri “Yalal Wathon” oleh seluruh santri
  4. Pentas seni Pencak Silat oleh Panca tunggal Serba Guna oleh santri Pesantren Kebon Jambu
  5. Pembubaran santri
Beberapa ringkasan isi pesan dari Inspektur Apel oleh KH Zamzami Amin :
  • Saiki isun wani, sukiki isun luwih wani, engko luwih wani. Yang maksudnya adalah bahwa santri itu harus punya jiwa berani menegakkan kebenaran dan mempertahankan keutuhan NKRI,
  • Santri siap menjadi garda terdepan saat NKRI diganggnu dan diusik
  • Santri adalah salah satu benteng dari NKRI
  • Santri adalah garda depan dari pancasila
menyaksikan atrasksi pencak silat santri
Menjelang jam 12 siang sebelum waktu dhuzur seluruh santri kembali pada pesantren masing-masing sesuai arahan panitia. Wallahu a’lam bish showab.

(kontributor : Ust Zuhri/MHS, Rommy/PP Mualimin)

Rombongan santri memasuki lapangan

para ustadz berfoto bersama usai acara

para ustadz berfoto bersama usai acara
suku dayak ala santri dalam karnaval

atraksi pencak silat panca tunggal serba guna darisantri pesantren Kebon Jambu

menyaksikan atraksi pencak silat

beberapa saat rombongan karnavaltiba di lapangan sebelum apel dimulai

No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email