Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Friday, 29 September 2017

Ubah KEKURANGAN menjadi KELEBIHAN pada diri anak

1. Anak-anak yang berbakat umumnya lebih cepat menguasa bidang tertentu dibanding anai lain,
tanpa mengeluarkan usaha keras. Contohya anak yang berbakat menyanyi akan lebih mudah mengenali not. Ketajaman nadanya juga bagus, anak yang berbakat dalam bidang bahasa bisa meniru atau menghafal bahasa asing lebih cepat.

2. Anak berbakat mempelajari sesuatu dengan cara bereda dibanding anak lain, mereka kerap memecahkan masalah dengan caranya sendiri. Seperti anak yang suka melakukan bongkar pasang sesuatu. Hal itu menunjukkan etapa besar keingintahuannya terhdap sesuatu tesebut.

3. Anak berbakat biasanya memotivasi diri sndiri untuk mempelajari hal hal yang sangat disukainya. Jika bakat anak sudah terlihat maka kewajiban orang tua dan guru untuk mengembangkannya lebih jauh, jangan mengabaikan begitu saja. Jangan biarkan anak mengasah bakanya sendiri tanpa bantuan orang tua tau guru.

4. Jika diabaikan dan tidak dikembangkan maka bakat yang mulai mekar bisa layu kembali. Tak semua bakat anak berjalan dengan minatnya. Ada anak berbakat tapi tidak berminat dengan bakat yang dimilikinya sehingga baktnya baru optimal berkembang dan menemukan jatidiri pada usia yang tidak muda lagi. Saat orang tua taua guru melihat bakat anaka maka dorong si anak tesebut untuk mencintai dan menggelutinya

5. Dukungan diberikan tak hanya dalam bentukk materi, dukungan moril juga sangat penting. Misalnya dengan memberi pujian atau hadia atas apa pyang tilakukan anak. Bentuk dukungan juga bisa diberikan dengan tidak membanding-bangingkan anak dengna saudara atau temannya, apalag sampai mendapat label/cap negatif.
6. Orang tua atau guru juga harus memfasilitasi anak dalam memaksimalkan potensi dan bakat yang dimiliki. sebab, baiamanapun orang tua tau guru lebih berpengaaman dari mereka. Fasilitas yang diberikan tidak harus selalu mahal. sediakan fasilitas sesuai kemampuan kit dan jangan paksakan.

7. Fasilitasa yang diberikan orang tua sangat berbakna bagi anak. Hal itu dapat dijadikan pendorong agar anak lebih bersemangat lagi mengejar cita cita dan memaksimalkan bakat yang ada.

8. Dorong anak melakukan banyak hal terkait bakat atau potensi yang dimiliki. Jangan biarkan mereka berdiam diri. Banya mencoba lebih baik, tentunya dalam mengasah bakat. Abaikan kelemahan atau kekurangan yang dimiliki mereka. Fokus dengan kelebihannya, gali potensi lebih dalam lagi. Jangan pernah menyerah dan jangan pesimis melihat sisi negatif yang dimiliki anak. (/zis)
==
(di sadur dari “Harian Umum Suara Cirebon, hal 6. Jumat, 29 september 2017)



No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email