Jalan Sunan Drajat No 5 Kec Sumber 45611, email : pdpontrenkabcirebon@kemenag.go.id, FB : Pdpontren Kabcirebon

Friday, 29 September 2017

10 Muharam bersama Hidayatul Mubtadiin lil Qur’an (HMQ)

(Cirebon, 29/09/17), Adalah salah satu kegiatan rutin tahunan di Ponpes Hidayatul Mubtaiin lil Qur’an (HMQ)
mengadakan kegiatan santunan bagi anak yatim piatu, faqir miskin, jompo. Pengasuh Ponpes HMQ, K. Agus Abdul kholiq didampingin Isteri dan para ustadz/ah membagikan Bisyaroh kepada sekitar lebih dari 100 orang anak yatim piatu, faqir miskin, jompo.

Desa Karangsambung Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon menjadi lokasi strategis ponpes HMQ dalam bersilaturahmi langsung dengan para anak yatim piatu dan faqir miskin.

“Alhamdulillah. iya benar, ini memang menjadi agenda rutin di pesantren kami” ucap Agus Abdul Kholiq saat disela-sela wawancara kegiatan 10 muharam tsb.
“harapan kami dari momen ini (10 muharam, red) bisa semakin mendekatkan keberadan pesantren dengan lingkungan sekitar, dan memperkuat ikatan silaturahmi”, lanjut beliau.

Antusias dan animo masyarakat sangat mendukung kegiatan dari pesantren HMQ, dan berharap hingga tahun-tahun berikutnya.
supadi, (12 tahun) salah satu dari anak yatim yang menerima santunan tersebut merasa senang dengan kegiatan ini, karena santunan tsb bisa membantunya utk keperluan sekolah.

Pengasuh ponpes HMQ pun berharap dukungan dan partisipasi dari masyarakat luas itu dalam bentuk suport, materil atau lainnya yang bersifat membangun dan untuk kepentingan umat, saat ditanya mengenai harapan ke depan dari kegiatan tersebut. (/zis)




terpisah, 
Sekilas tentang 10 muharam

Hari 10 Muharram atau hari Asyura merupakan hari bersejarah. Menurut beberapa riwayat disebutkan, banyak peristiwa penting terjadi di hari itu pada masa yang lalu, di antaranya disebutkan sebagai berikut :
  1. Nabi Adam 'alaihissalam bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh-Nya.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim 'alaihissalam dari siksa Namrud, berupa api yang membakar.
  4. Nabi Yusuf 'alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.
  5. Nabi Yunus 'alaihissalam selamat, keluar dari perut ikan hiu.
  6.  Nabi Ayyub 'alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan.
  7. Nabi Musa 'alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka. Banyak lagi peristiwa lain yang terjadi pada hari sepuluh Muharram itu, yang menunjukkan sebagai hari yang bersejarah, yang penuh kenangan dan pelajaran yang berharga.


Sayyidah Aisyah, istri Nabi shallallahu 'alaihi wassalam menyatakan bahwa hari Asyura adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyah, Rasulullah juga ikut mengerjakannya. Setelah Nabi berhijrah ke Madinah beliau terus mengerjakan puasa itu dan memerintahkan para sahabat agar berpuasa juga. Setelah diwajibkan puasa dalam bulan Ramadhan, Nabi s.a.w. menetapkan:

مَنْ شَاءَ أَنْ يَصُومَهُ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ شَاءَ أَنْ يَتْرُكَهُ فَلْيَتْرُكْهُ 
“Barangsiapa yang menghendaki berpuasa Asyura puasalah dan siapa yang tidak suka boleh meninggalkannya." (HR. Bukhari, No: 1489; Muslim, No: 1987) // ikhtisar : https://www.nu.or.id


No comments:

Post a Comment

Berita Lainnya

Tugas Utama dan Fungsi Seksi PD Pontren

PENDATAAN EMIS ONLINE : KLIK DISINI A.     Tugas Pokok : 1.        Menangani pendirian Ijin Operasional lembaga 2.        Menangani...

Follow by Email